7 KEUTAMAAN BULAN SUCI RAMADHAN YANG PERLU DIKETAHUI SETIAP MUSLIM

    7 KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN YANG PERLU DIKETAHUI SETIAP MUSLIM


Bagi seluruh umat muslim yang ada di seluruh penjuru dunia saat datangnya bulan suci Ramadhan maka wajib atas mereka untuk menjalankannya. Bulan suci Ramadhan memberikan banyak keutamaan dan keistimewaan bagi setiap muslim yang ada diseluruh penjuru dunia. Menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan akan sempurna dan penuh makna saat anda menjalankan ibadah puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga. 

Berikut ini tujuh keutamaan puasa di bulan Ramadhan bagi setiap muslim yang menjalankannya : 

1. Berhati Hati Dalam Bersikap

Menjalankan ibadah puasa tidak hanya menahan lapar dan haus saja akan tetapi bila ingin lebih sempurna dan berarti maka anda juga harus mampu menghindari dari melihat yang tidak benar, mendengan yang tidak baik dan menjaga dari segi perkataan maupun perbuatan. 

Ini bisa menjadi hal positif bagi anda apabila anda benar-benar menerapkannya dan bisa juga menjadi latihan bagi anda saat menjalani hidup diluar bulan suci Ramadhan. Setidaknya anda bisa menghindari dari berbagai hal yang menimbulkan dosa seperti mengupat, berkata kotor dan lain sebagainya.

2. Peduli Terhadap Sesama

Saat bulan suci Ramadhan datang memang selalu terlihat sangat jelas persaudaraan sesama muslim. Terlihat jelas bagaimana semua orang-orang berlomba-lomba memberikan takjil gratis untuk orang-orang yang sedang berpuasa, baik itu yang ada di tepi jalanan, ditempat umum maupun dimasjid-masjid. 

Selain itu, umat muslim juga berlomba-lomba membagikan ilmu pengetahuan mengenai agama islam secara lebih mendalam melalui ceramah-ceramah agama islam serta diskusi tentang keagamaan yang dilaksanakan di masjid-masjid dan lain sebagainya. Ini bukan hanya sekedar bentuk kepedulian namun juga bisa mendapatkan hikmah untuk semakin mempererat tali silaturrahmi sesama umat muslim.

3. Disiplin Dengan Waktu

Supaya saat berpuasa terasa kuat dan juga berstamina sepanjang hari, maka usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Hal ini juga bisa menjadikan anda tidur lebih teratur supaya mendukung kelancaran puasa keesokan harinya. Bangun untuk makan sahur juga bisa melatih anda supaya terbiasa bangun lebih pagi.

4. Lebih Bersabar Dan Menahan Amarah 

Saat anda berpuasa secara tidak sadar anda akan terlatih untuk menahan amarah dan berbagai hal yang seharusnya tidak dibolehkan ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Selain menahan amarah, tindakan seperti berburuk sangka juga dapat dihindari dengan lebih bersikap sabar terhadap apapun yang kita hadapi. Dengan demikian anda akan lebih terbiasa untuk menjalani hidup dengan penuh kesabaran. 

5. Bertujuan Menjalankan Ibadah

Berpuasa merupakan ajang untuk kita terbiasa melatih diri agar mampu menghindari dosa-dosa dihari lainnya. Jika tujuan tersebut bisa kita laksanakan dan tercapai, maka puasa yang kita lakukan juga telah berhasil. 

Namun ketika tujuan tersebut tidak mampu kita raih, sudah pasti puasa yang sudah kita jalankan tidak akan memberikan arti apa-apa. Oleh karena itu, setelah menjalankan puasa di bulan Ramadhan, anda akan terbiasa untuk berorientasi terhadap tujuan melakukan berbagai ibadah. 

6. Keseimbangan Hidup 

Sebagai hamba Allah yang hidup di dunia ini pada hakikatnya manusia diperintahkan untuk beribadah. Namun, kebanyakan manusia lalai terhadap perintah yang Allah berikan hanya karena berbagai hal yang berhubungan dengan duniawi seperti hawa nafsu, pekerjaan dan lain sebagainya terkadang membuat manusia lupa akan kewajiban yang harus dipenuhinya. 

Di bulan puasa seperti inilah manusia dilatih kembali mengingat kembali sekaligus melaksanakan semua kewajiban tersebut dengan imbalan pahaala yang terus dilipatgandakan. 

7. Ibadah Digambarkan Melalui Kegiatan Mulia 

Saat bulan suci Ramadhan banyak sekali perbuatan yang dianggap sebagai ibadah misalnya seperti langkah-langkah kecil saat kita menuju masjid bernilai ibadah, tersenyum dengan tulus juga bernilai ibadah, setiap pertolongan yang kita berikan kepada orang lain yang membutuhkan juga bisa bernilai ibadah bahkan tidurpun bisa bernilai ibadah bagi setiap orang yang sedang berpuasa di bulan Ramadhan. 

Inilah beberapa keutamaan yang bisa kita dapatkan saat bulan suci Ramadhan. Semoga hal-hal baik yang kita lakukan saat bulan Ramadhan bisa juga kita lakukan di bulan-bulan yang lain.

Lihat Juga : OKE MUSLIM | Media Informasi Muslim

2 Responses to "7 KEUTAMAAN BULAN SUCI RAMADHAN YANG PERLU DIKETAHUI SETIAP MUSLIM"

  1. Makin semangat untuk berpuasa ni, apalagi setelah baca artikel di atas, makin memberikan pencerahan bagi saya dalam ibadah puasa, khususnya berkaitan dengan apa yang seharusnya dan apa yang tidak boleh dilakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bg, semoga ibadah puasa kita berkah dan mendapat pahala.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel