7 KEGIATAN YANG HANYA ADA DI BULAN PUASA

7 KEGIATAN YANG HANYA ADA DI BULAN PUASA

Bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah. Banyak yang menantikan hadirnya bulan ramadhan ini. Bagaimana tidak, bulan bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meninggkatkan ketakwaan dirinya kepada Allah SWT. 

Namun, dibalik semua keutamaan dibulan suci Ramadhan ada juga kegiatan-kegiatan atau tradisi yang hanya ada di bulan suci Ramadhan tidak ada di bulan-bulan yang lainnya. Tidak hanya makanan-makanan yang khas yang hanya ada dibulan suci Ramadhan namun ada juga hal-hal yang lainnya. Apa saja itu ? pasti salah satunya pernah kamu lakukan. Mari kita simak sebagai berikut :

1. MEMBANGUNKAN SAHUR

sumber foto/medcom.id
Kegiatan yang satu ini sudah pasti hanya ada di bulan suci Ramadhan dan tidak ada di bulan-bulan yang lainnya dan ini sudah menjadi tradisi yang rutin dan sudah turun temurun. Biasanya ada yang membangunkan orang dengan cara menabuh bedug dan gendang saat berkeliling kampung atau perumahan-perumahan sambil berteriak "sahuuur.....sahurr" dan ada juga saat sudah selesai tadarrus di mushalla.

2. NGABUBURIT

sumber foto/Liputan6.com
Kegiatan yang selanjutnya ini pun sering kita dapatkan di bulan suci Ramadhan yaitu ngabuburit. Istilah ngabuburit sendiri lahir dari tradisi masyarakat yang sedang berjalan-jalan mencari makanan menjelang berbuka puasa ataupun ada juga yang justru bersedekah dengan cara membagikan takjil dijalan untuk orang lain yang berpuasa dan sedang dalam perjalanan menuju rumah. Adapun hal yang positif lainnya yang bisa kita isi saat menunggu waktu berbuka ialah dengan cara misalnya membaca Al-qur'an, membaca buku ataupun dengan cara mendengar ceramah-ceramah agama.

3. MEMBAGI TAKJIL

sumber foto/wartakota.tribunnews.com
Kegiatan yang selanjutnya ini juga sering kita temukan saat bulan Ramadhan. Kegiatan pembagian takjil sering kita temui di pinggir jalan, di masjid-masjid, ataupun ada juga komunitas-komunitas yang berbaik hati membagikan takjil untuk orang berbuka puasa. Hal ini dilakukan karena di bulan suci Ramadhan umat islam diperintahkan untuk memperbanyak sedekahnya karena di bulan Ramadhan pahalanya didapat melebihi bulan-bulan yang lainnya. 

4. BUKA PUASA BERSAMA

sumber foto/Lipitan6.com
Kegiatan yang selanjutnya ini sudah pasti hanya ada di bulan suci Ramadhan. Bukber (Buka Bersama) ini bagi sebagian orang merupakan agenda wajib yang harus dilakukan saat datangnya bulan suci Ramadhan. Agenda wajib ini hampir selalu dilakukan saat datangnya bulan Ramadhan karena moment buka puasa bersama ini selalu menjadi moment yang paling pas untuk menjalin silaturrahmi baik dengan keluarga, sahabat, ataupun bisa menjadi reoni bagi kawan-kawan saat sekolah dulu. 

5. SAHUR ON THE ROAD

sumber foto/lampungsegalow.co.id
Kegiatan selanjutnya yang ini sering kita jumpai saat menjelang sahur tiba, dimana orang-orang menikmati makan sahur di tepi jalan atau di tempat umum. Namun, kegiatan sahur dijalan ini sebenarnya bukan hanya soal makan sahur bersama dengan teman-teman di tepi jalan, ada juga yang membagikan makanan sahur kepada saudara-saudara yang membutuhkan saat menjelang waktu sahur yaitu seperti pemulung, tuna wisma dan saudara kita lainnya yang membutuhkan.

6. TAKBIRAN KELILING

sumber foto/bojonegorokab.go.id
Kegiatan selanjutnya ini dilakukan pada malam terakhir bulan suci Ramadhan yaitu tepatnya malam lebaran saat dikumandangkannya azan maghrib dihari terakhir bulan suci Ramadhan, dan takbirpun mulai dikumandangkan. Kegiatan takbiran keliling kampung atau keliling kota menggunakan mobil-mobil yang sudah di hias sekian cantiknya ini pun menjadi moment-moment yang ditunggu oleh sekian banyak orang, ada yang melihat saja dari pinggir jalan dan ada juga mengikuti mobil-mobil hias kemana perginya.

7. MUDIK

sumber foto/radarsurabay.jawapos.com
Nah, kegiatan yang selanjutnya ini merupakan tradisi bagi orang-orang yang sedang di perantauan untuk kembali pulang ke kampung halamannya masing-masing. Dua minggu sebelum Ramadgan berakhir, biasanya para perantau sibuk mempersiapkan mudik ke kampung halaman mereka masing-masing. Tradisi mudik atau pulang kampung ini menjadi agenda wajib bagi sebagian orang terutama untuk orang yang sedang di perantauan. Hal ini dilakukan supaya bisa berkumpul bersama keluarga tercinta dikampung halamannya masing-masing. 

Nah, dari sekian kegiatan-kegiatan yang ada diatas keigiatan yang mana yang paling kamu tunggu tunggu ?

0 Response to "7 KEGIATAN YANG HANYA ADA DI BULAN PUASA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel