10 FILM TERBAIK TENTANG PALESTINA YANG WAJIB KAMU TONTON

10 FILM TERBAIK TENTANG PALESTINA YANG WAJIB KAMU TONTON

Siapa yang tak tahu negara yang sampai sekarang ini masih saja terjadi perang di negara tersebut dan banyak sekali menyebabkan korban jiwa yaitu negara Palestina. Negara Palestina memang bukanlah negara yang banyak memproduksi film-film seperti negara-negara yang lainnya. Faktor-faktor yang menyebabkan Palestina lesu dalam industri perfilman ialah karena kurangnya sumber daya manusia dan masalah politik yang terus terjadi beberapa tahun terakhir ini di negara tersebut.

Namun dengan masalah-masalah yang terus terjadi di negara tersebut bukan berarti negara Palestina tidak bisa membuat film-film yang berkualitas seperti negara yang lainnya. Masih ada sineas kreatif yang ada di negara tersebut yang bisa membuat film-film yang berkualitas. 

Salah satu bukti film asal Palestina yang berkualitas ialah yang berjudul Paradise Now, film ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai film berbahasa asing terbaik pada ajang Golden Globe Awards. Film ini berhasil membuktikan bahwa negara Palestina bisa membuat film-film yang berkualitas seperti negara yang lainnya.

Namun masih ada lagi film-film asal Palestina yang bagus dan wajib kamu tonton seperti yang saya rangkum dari berbagai sumber seperti dibawah ini.

1. Paradise Now (2005)


Film terbaik Palestina yang pertama kita bahas disini ialah film Paradise Now. Kenapa film ini yang pertama kali kita bahas ? karena film ini ialah menjadi film yang lumayan sukses dan berhasil mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi di berbagai festival film internasional. Paradise Now adalah sebuah film keluaran tahun 2005 garapan sutradara Hany Abu Assad. Film ini meraih penghargaan pada Golden Globe Award ke-63 dan di nominasikan ke dalam kategori sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik pada Academy Award ke-78. 

Film ini mengisahkan tentang antara dua orang sahabat asal Palestina yaitu said dan khaled. Mereka bekerja sebagai montir di Nablus, Palestina dengan gaji yang sangat kecil. Suatu hari, mereka dapat pekerjaan dari jamal dan jamal memerintahkan mereka untuk melakukan aksi serangan bom bunuh diri. Namun aksi itu tak jadi dilakukan oleh said dan khaled karena seorang wanita yang mengetahui rencana itu memaksa mereka untuk mempertimbangkan kembali perbuatan mereka itu. Namun disebabkan said dan khaled tak jadi melakukan aksi tersebut, kini mereka di buru oleh jamal dan geng nya. 

2. The Idol (2015)


Film terbaik tentang Palestina selanjutnya ini ialah The Idol. Film The Idol ini menceritakan tentang seorang pemuda yang bernama Mohammed dan dia memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam bernyanyi. Dengan kemampuannya yang bagus dalam bernyanyi, suatu hari ia berniat untuk mengikuti sebuah ajang pencarian bakat dalam bernyanyi. 

Namun ada halangan saat ia ingin mengikuti ajang pencarian bakat tersebut, yaitu terhalang oleh adanya pembatasan jalan yang ada di wilayah gaza. Walaupun ada rintangan yang menghalanginya, ia tetap menguatkan tekatnya untuk mengikuti ajang pencarian bakat tersebut dengan cara pergi ke studio di kota Ramallah untuk melakukan audisi lewat aplikasi Skype. 

3. Omar (2013)


Film terbaik tentang Palestina yang selanjutnya ini ialah Omar. Film ini mengisahkan tentang seorang pemuda Palestina yang bekerja sebagai pembuat roti. Namun ia bersama dengan kedua temannya Tarek dan Amjad ingin melawan Israel dengan bergabung sebagai kelompok pemberontak terhadap Israel. 

Saat mereka menjalankan misinya, mereka ditangkap oleh pasukan tentara Israel. Namun Omarlah yang berhasil ditangkap sedangkan yang lainnya bisa melarikan diri. Oleh karena itu, dia kini terjebak kedalam situasi yang rumit yaitu antara menyelamatkan hidupnya sendiri atau membela negara dan para sahabatnya. 

4. When I Saw You (2012)


Film terbaik tentang Palestina yang selanjutnya ini ialah When I Saw You. Film When I Saw You ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Tarek dan ibunya terpisah dengan ayahnya akibat kekacauan perang. Mereka harus melarikan diri dari Palestina ke Yordania. Kemudian keduanya menuju ke kamp pengungsian yang berada di negara tersebut. 


Saat mereka berada di kamp pengungsian, Tarek kesulitan beradaptasi dan harus menyesuaikan diri dengan kehidupan diantara ribuan pengungsi lainnya di tempat barunya itu. Kemudian ia memuruskan untuk meninggalkan kamp dan ibunya sendiri hanya untuk mencari keberadaan ayahnya.


5. Inch' Allah (2012)


Film terbaik tentang Palestina yang selanjutnya ini ialah Inch' Allah. Film ini mengisahkan tentang seorang dokter kandungan yang bernama Chloe ia berasal dari Kanada. Chloe ditugaskan oleh PBB dalam misi kemanusiaan untuk menangani ibu-ibu hamil yang ada di kamp pengungsian di Tepi Barat Palestina. 


Chloe menguasai bahasa Arab dan Yahudi dengan sangat baik sehingga ia bisa beradaptasi di daerah barunya tersebut. Dengan pertemuannya antara konflik negara Palestina dan Israel membawanya kedalam perjalanan yang panjang dan secara lansung mengubah pandangan hidupnya.


6. Five Broken Cameras (2012)


Film terbaik tentang Palestina yang selanjutnya ini ialah Five Broken Cameras. Film ini mengisahkan tentang penagalaman Emad Burnat saat hidup dalam tekanan Israel di Desa Bil'in. Sesuai dengan judul filmnya Five Broken Cameras, film merupakan sebuah film dokumenter yang alur ceritanya diambil dari sudut pandang kelima camera yang dimilikinya saat sedang memfilmkan setiap peristiwa tersebut. Bagi yang suka membuat film-film dokumenter film ini sangat menarik untuk ditonton.

7. Precious Life (2010)


Film terbaik tentang Palestina yang selanjutnya ini ialah Precious Life. Film Precious Life ini juga merupakan sebuah film dokumenter sama seperti film Five Broken Cameras yang telah kita bahas diatas. Film Precious Life ini merupakan sebuah dokumenter karya dari journalis bernama Shlomi Eldar. 

Film ini mengisahkan tentang seorang bocah laki-laki Palestina yang bernama Mohammad Abu Mustafa berusia empat tahun yang lahir tanpa sistem kekebalan tubuh. Film ini menarik untuk ditonton karena para dokter-dokter yang berasal dari Israel dan Palestina bisa bersatu gara-gara kasus ini. Mereka mengesampingkan perbedaan ras dan agama hanya demi menyelamatkan hidup anak itu.  

8. Miral (2010)


Film terbaik tentang Palestina yang selanjutnya ini ialah Miral. Film Miral ini mengisahkan tentang seorang gadis remaja yang sangat pintar bernama Miral, dia sekolah di sebuah yayasan pendidikan yang dimiliki oleh Hind Husseini dan ia pernah ditugaskan untuk mengajar di sebuah kamp pengungsi yang ada di palestina. 


Miral merasa iba dan hatinya tergerak untuk melawan kekejaman Israel terhadap bangsanya karena pernah pada suatu saat ia sering menyaksikan kesedihan yang dialami oleh para pengungsi. Oleh karena itu niatnya semakin bulat ketika ia bertemu dengan seorang pemuda yang bernama Hani. 


9. Amreeka (2009)


Film terbaik tentang Palestina yang selanjutnya ini ialah Amreeka. Film Amreeka ini mengisahkan tentang seorang single parent yang bernama Muna Farah yang sedang membesarkan seorang anak remajanya yang bernama Fadi. Pada suatu hari ia memenangkan sebuah lotre "Green Card Lottery" dan lotre ini bisa untuk mendapatkan visa warga Amerika tetap. Dari situlah ia memulai hidup barunya dengan tinggal di negara Amerika dan  harus mencari pekerjaan untuk menghidupi dirinya dan anaknya sendiri. 

10. Salt Of This Sea (2008)


Film terbaik tentang Palestina yang terakhir kita bahas disini ialah Salt Of This Sea. Film ini mengisahkan tentang seorang wanita Amerika serikat yang bernama Soraya dan ia mempunyai garis keturunan dari negara Palestina. Pada suatu saat ia pergi ke Palestina untuk mencari rumah kakek dan neneknya yang telah diasingkan pada tahun 1948. 

Namun begitu ia tiba di tanah kelahirannya yaitu Palestina, ia mendapat kabar bahwasanya tabungan kakeknya telah dibekukan dan disita oleh pihak bank yang ada di kota Jaffa. Akan tetapi ia tetap menguatkan tekadnya untuk mendapatkan apa yang seharusnya menjadi miliknya dengan melakukan berbagai cara. 

Demikianlah 10 film terbaik tentang Palestina yang wajib kamu tonton, semoga dengan kamu menonton film-film tersebut bisa menambah wawasan kamu tentang bagaimana negara Palestina dan bagaimana dunia perfilman yang ada di Palestina. Sekian dan terima kasih telah berkunjung.

Lihat Juga : Bacaterus.com | Situs Berbagi Informasi Menarik 

0 Response to "10 FILM TERBAIK TENTANG PALESTINA YANG WAJIB KAMU TONTON"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel