RESIKO MEMBELI HP BLACK MARKET

      RESIKO MEMBELI HP BLACK MARKET

Gambar : Pexels
Di zaman yang serba modern dan canggih ini semua orang pasti ingin memiliki barang yang canggih pula. Tidak terkecuali saat ingin memiliki hp yang mempunyai spesifikasi yang tinggi pula. Namun sebagian orang ingin memiliki barang tersebut dengan cara Black Market atau tidak resmi. Karena barang yang dijual secara Black Market termasuk barang-barang yang dijual sangat jauh harga dengan harga resminya. Bagaimana tidak, dibandingkan dengan garansi resmi, hp yang dijual secara tidak resmi dijual dengan harga sangat terjangkau dan model-model yang baru dikeluarkan lebih cepat masuk ketimbang yang bergaransi resmi. 

Namun kamu jangan terlena dengan harganya yang sangat terjangkau, karena barang yang diimpor dari luar negeri ternyata berbahaya. Jangan asal membeli hp yang harganya sangat miring, tapi kamu harus tau juga bagaimana bahayanya memiliki handphone yang ilegal atau tidak bergaransi resmi. 

Untuk itu mari kita simak apa saja bahayanya memiliki handphone yang bukan dari garansi resminya seperti berikut ini : 

Resiko Membeli Handphone Black Market

Handphone Black Market Tidak Bergaransi Resmi

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa barang yang masuk ke suatu Negara tanpa melewati bea cukai merupakan barang yang ilegal. Artinya apabila barang yang kalian beli dengan cara tidak resmi sudah tentu apabila mengalami kerusakan kalian tidak akan bisa mengklaim secara garansi resmi. 

Hal inilah yang membuat handphone yang bukan dari garansi resmi tidak dianjurkan untuk dibeli karena apabila mengalami kendala atau kerusakan maka akan susah untuk kita perbaiki kembali.

Susahnya Klaim Garansi

Inilah yang akan dikhawatirkan apabila memiliki barang yang bukan dari garansi resminya. Kenapa demikian, karena apabila barang tersebut mengalami kendala atau kerusakan maka akan susah untuk kita perbaikinya. Memang tidak semua barang saat kita terima sudah rusak, hanya saja bagi kalian yang ingin membeli handphone harus memperhatikan hal yang ini juga. 
Sedangkan handphone yang kita beli dengan cara resmi maka akan sangat mudah untuk kita memperbaikinya. Kalian hanya mendatangi pusat servis resmi, menunjukkan apa saja yang rusak, nota pembeliannya dan kartu garansinya.

Waktu Garansi Yang Sangat Singkat

Apabila kalian membeli handphone dengan cara resmi maka paling tidak kalian akan mendapatkan garansinya selama satu tahun. Hal inilah yang membuat lebih baik membeli barang yang asli ketimbang barang Black Market. Karena barang yang kita beli secara tidak resmi biasanya cuman dikasih garansi hanya satu minggu atau satu bulan lamanya. Untuk itu apabila mengalami kerusakan walaupun baru saja dibeli maka akan repot untuk memperbaikinya kembali karena masa garansinya yang relatif singkat. 

Dengan demikian mau tidak mau kalian tidak akan bisa mengklaim lagi barang yang sudah kalian beli pada si penjual tersebut.

Handphonenya Cepat Rusak
Memang handphone kalian baru saja kalian beli terbaru dengan harga yang terjangkau dan memiliki spesifikasi yang tinggi akan tetapi belum tentu handphone yang baru saja kalian beli tersebut tidak akan bisa dijamin bertahan lama dari ancaman kerusakan. 

Kalau handphonenya sudah rusak maka akan kerepotan bagi kalian yang ingin memperbaikinya karena tidak memiliki garansi yang resmi.

Accesories Palsu

Bagi kalian yang ingin membeli handphone dari Black Market atau secara ilegal maka siap-siap kalian akan mendapatkan accesories yang ada didalamnya kemungkinan adalah bukan yang asli lagi. Di Black Market tidak ada jaminan keaslian accesories saat anda membelinya. Karena kemungkinan sudah diganti dengan perangkat yang lainnya. 

Beresiko Tinggi Pemblokiran IMEI 

Handphone yang kita dapatkan dengan cara ilegal maka sudah pasti tidak terdaftar di Kemenperin (Kementrian Perindustrian) Republik Indonesia. Oleh karena itu barang-barang dari Black Market akan sangat merugikan Negara, tidak hanya Negara akan tetapi banyak pihak yang akan rugi termasuk pengembang teknologi, operator selular bahkan kalian sendiri bisa rugi karena membeli barang yang tidak bergaransi resmi. 

Hal ini membuat pemerintah terus mencoba mencegah maraknya beredar handphone-handphone dari Black Market. Selain kekhawatiran akan di blokirnya IMEI, sebaiknya bagi kalian yang ingin membeli handphone dari Black Market maka pikirkanlah dulu sebelum membelinya. Jika sudah membeli maka rugi kalian juga yang akan menanggungnya. 

Oleh karena itu, kami sarankan untuk membeli handphone yang bergaransi resmi. Karena dengan garansi resmi maka akan mudah bagi kalian untuk memperbaikinya di pusat servis resmi handphone tersebut apabila mengalami kerusakan. 

0 Response to "RESIKO MEMBELI HP BLACK MARKET"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel