LUPA SAHUR ? SIMAK 7 TIPS TETAP SEMANGAT PUASA MESKIPUN LUPA SAHUR

    LUPA SAHUR ? SIMAK 7 TIPS TETAP SEMANGAT PUASA MESKIPUN LUPA SAHUR

Sumber Gambar : Pexels
Anda lupa makan sahur karena telat bangun dan tetap ingin berpuasa penuh. Jangan khawatir, ikuti tips dan cara yang tepat berikut ini!
 ____________________

Tips berpuasa tanpa makan sahur - Saat ingin berpuasa di bulan suci Ramadhan, tentunya yang perlu dilakukan ialah makan waktu sahur tiba. Namun waktu sahur terletak di waktu yang saat berat untuk kita bangun yaitu diwaktu dini hari, tidak heran sehingga banyak sekali orang yang lupa atau melewatkan makan sahur sehingga mereka berpuasa sepanjang hari dengan perut yang yang kosong.

Tentunya hal itu sangat tidak mengenakkan melakukan ibadah puasa Ramadhan tanpa makan diwaktu sahur. Lalu bagaimana caranya agar kita tetap kuat menjalankan ibadah puasa Ramadhan agar tetap kuat dan semangat puasa hingga waktu berbuka meskipun tanpa sahur ? 

Yuk simak tips kuat puasa tanpa sahur berikut ini :

1. Ingat Kemampuan Manusia Tanpa Makan Dan Minum

Sumber Gambar : Pexels
Menurut penelitian, tubuh manusia bisa bertahan tanpa perlu makanan hingga tiga minggu. Sedangkan, manusia jika tanpa minum bisa bertahan hingga sekitar satu minggu.

Sebenarnya, manusia jikalau tidak makan dan minum selama seharian penuh masih jauh dari batas maksimal tubuh untuk menerima akan hal itu. Dengan kata lain, ini masih hal yang ringan dan masih mampu diatasi dengan mudah oleh kemampuan tubuh manusia. 

2. Tidur Secukupnya
Sumber Gambar : Pixabay
Tips kuat puasa meski tanpa makan sahur selanjutnya ini adalah beristirahat yang cukup yaitu dengan cara tidur siang secukupnya jika memang hal itu memungkinkan. Tidur dan istirahat merupakan hal terbaik untuk membantumu menahan lapar saat sedang berpuasa. Tapi ingat untuk tetap melakukan kewajiban kamu melakukan ibadah yang lain ya. 

3. Mandi Dengan Air Dingin

Sumber Gambar : Pixabay
Tahukah kamu bahwa berdasarkan penelitian "Behavioral and Brain Function Journal" mengatakan bahwa mandi dengan air yang dingin memiliki manfaat membuat badan kita terasa lebih segar dan tidak lemas. Hal ini menunjukkan bahwa, kamu yang sedang melakukan ibadah puasa usahakan untuk tetap mandi agar badan kita tetap bugar dan tak lemas. 

Saat lupa makan waktu sahur, dengan mandi air dingin selama 3-5 menit akan membuatmu keliatan lebih segar dan bersemangat meski kamu lupa sahur. 

4. Hindari Pekerjaan Berat 

Sumber Gambar : Pexels
Tips untuk tetap kuat berpuasa tanpa sahur selanjutnya ini adalah dengan menghindari pekerjaan yang berat-berat. Saat kamu melakukan pekerjaan yang berat, tentunya kamu akan sangat banyak menghabiskan tenaga kamu apalagi kamu melakukannya dengan perut yang kosong alias lupa sahur. 

Perlu diperhatikan jika memang pekerjaan itu sangat perlu atau mendesak dan memang tidak bisa untuk ditunda, maka yang perlu kamu perhatikan ialah harus tetap melakukan sesuai dengan kemampuan yang kamu bisa tidak perlu untuk dipaksakan.

5. Hindari Tempat Yang Panas

Sumber Gambar : Pexels
Tips yang selanjutnya ini ialah menghindari tempat yang panas. Seperti diketahui bahwa, suhu yang panas tentunya bisa membuat tubuh kita kekurangan banyak cairan. Jika hal ini terjadi, untuk kamu yang tidak makan ataupun minum waktu sahur maka kamu akan terasa sangat haus.

Untuk itu perlu diperhatikan bahwa, jika sedang disuatu tempat usahakan untuk tetap berada ditempat-tempat yang tidak lansung terpapar sinar matahari dan carilah tempat yang sejuk. 

6. Kuatkan Niat Dan Perbanyak Ibadah

Sumber Gambar : Pixabay
Tips yang selanjutnya ini ialah menguatkan niat dan memperbanyak ibadah. Niat merupakan hal yang pertama dilakukan saat hendak melakukan sesuatu perbuatan. Nah, jika kamu mempunyai niat puasa yang kuat, maka puasa yang sedang kamu jalankan tentunya akan terasa lebih lancar meskipun kamu tanpa sahur. Selalu ingat bahwa puasa itu merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Jangan pernah menjadikan alasan lupa sahur untuk tidak berpuasa. 

Selain itu, Tentunya kamu tahu bahwa beribadah di bulan suci Ramadhan belipat ganda pahalanya. Jadi, perbanyaklah ibadahmu seperti mengaji, bersedekah, iktikaf di masjid ataupun kamu bisa menunaikan ibadah shalat-shalat sunnah. 

Dengan demikian, tentunya kamu tidak akan ingat bahwa kamu lupa sahur dan bonusnya kamu mendapatkan pahala yang berlipat. 

7. Ingat Manfaat Puasa

Sumber Gambar : Pexels
Tips yang selanjutnya ialah mengingat manfaat puasa. Selain menguatkan niat, tentunya kita juga perlu mengingat manfaat puasa. Seperti diketahui bahwa, bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh yang diberkahi oleh Allah. Selain itu, kita sebagai umat islam juga diwajibkan untuk berpuasa. 

Dengan demikian, jangan berpikiran untuk tidak berpuasa walaupun kamu tidak sahur. Meskipun kamu merasakan lapar dan harus lebih semangat daripada orang lain, selalu ingatlah manfaat puasa yang bisa kamu dapat. 

Demikianlah tips dan cara untuk tetap semangat menjalan ibadah puasa Ramadhan meskipun tanpa makan ataupun minum waktu sahur. Tapi, setelah membaca artikel ini bukan berarti kamu berencana untuk melewatkannya ya. Karena walau bagaimanapun, sahur merupakan bagian penting untuk berpuasa seharian penuh.

0 Response to "LUPA SAHUR ? SIMAK 7 TIPS TETAP SEMANGAT PUASA MESKIPUN LUPA SAHUR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel